Menguap vs Bersin



Rasul bersabda :"Jika salah seorang diantara kalian bersin, ucapkan 'alhamdulillah'(segala pujian bagi Allah). Dan hendaklah orang yang mendengarnya mendo'akan dengan ucapan 'yarhamukallah' (semoga Allah merahmatimu). Dan orang yang bersin tadi membaca do'a 'yahdikumullah wa yuslihu balakum' (semoga Allah memberikan hidayah dan memperbaiki keadaanmu)." HR. Bukhari
Bersin merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah masuknya benda asing ke dalam tubuh. Ketika bersin, udara kotor keluar melalui hidung dan mulut berkecapatan sekitar 161 km/jam.
Dr Michael  Roizen, wellness officer Cleveland clinics menegaskan, bersin merupakan kegiatan yang positif karena berfungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut, tenggorokan). Dalam Syarah Riyadhus Shalihin, Syekh Utsamin mengutarakan, bersin dapat menggiatkan otak dan meringankan tubuh.
Ketika bersin, tubuh akan mengeluarkan 100.000 kuman atau bakteri ke udara. Menurut John Pan, MD, kepala Pusat Pengobatan integratif di George Washington University  Medical Center, bersin yang ditahan akan memaksa bekteri kembali masuk ke dalam rongga hidung dan kanal telinga, sehingga bisa menimbulkan infeksi bagi tubuh kita.
Lain bersin, lain pula menguap (tatsa'ub : berarti layu dan malas). Menguap terjadi karena kekurangan oksigen dalam tubuh. Biasanya, orang menguap dalam keadaan tubuh lelah, malas, bosan, atau mengantuk.
Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda : "Sungguh Allah mencintai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap, maka jika kalian bersin maka pujilah Allah, jadi setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawabnya, adapun menguap, maka itu dari syaitan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabila seseorang menguap dan terdengar bunyi "Aaaa", maka syaitan pun ketawa kepadanya." (Shahih Bukhari, 6223).
Menguap adalah menghirup udara dalam-dalam melalui mulut, tetapi karena mulut bukanlah organ yang diciptakan untuk menyaring udara seperti hidung, apabila mulut tetap dalam keadaan terbuka ketika mennguap, maka masuk juga berbagai jenis virus dan debu, atau kutu bersamaan dengan masuknya udara ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Rasulullah memerintahkan kita untuk menahan sekuat tenaga ketika menguap atau paling tidak menutup mulutnya.
Kesimpulannya, bersin datangnya dari Allah karena terdapat manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Dan menguap datanngnya dari syaitan sebab ia mendatangakan bahaya bagi tubuh manusia. Dan setiap orang hendaklah memuji AllahYang Maha Suci Lagi Maha Tinggi ketika dia bersin dan meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk ketika sedang mennguap. [dari berbagai sumber]
semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar