2.      Termometer

Dalam Fisika keadaan panas dan dingin suatu benda disebut suhu.  Suhu suatu benda tidak dapat diukur secara tepat oleh indra peraba kita. Mengapa?  Untuk mengetahui alasan mengapa indra peraba tidak dapat digunakan sebagai alat pengukur suhu yang tepat, lakukanlah kegiatan berikut ini. 


Tujuan : Menyelidiki keakuratan tangan dalam menentukan suhu
a.        Sediakan tiga buah ember A, B, C
b.        Ember A diisi air hangat, ember B didisi air biasa (sejuk), ember C diisi air dingin (air + es batu).
c.        Masukkan tangan kiri pada ember A dan tangan kanan pada ember C kurang lebih 1 menit! Apa yang Anda rasakan pada kedua tangan Anda?
d.     Angkat kedua tangan dan cepat-cepat masukkan kedalam ember B! apa yang anda rasakan pada kedua tangan Anda?
e.         Dapatkah tangan Anda mengukur suhu dengan tepat?
Dari kegiatan tersebut, ketika kedua tangan anda masuk kedalam ember B, ternyata tangan kiri kita merasakan air di B terasa dingin, sedangkan tangan kanan merasakan air di B terasa panas. Dua keadaan yang berbeda untuk air yang sama, yaitu air di B. ini menunjukkan indera peraba kita sangat subjektif.
Jika tangan kita tidak mampu membedakan suhu benda dengan tepat maka untuk mengukur suhu suatu benda digunakan alat bantu yang disebut Termometer. Semua termometer dilengkapi dengan ukuran derajat suhu dalam suatu skala standar. Satuan suhu dalam Sistem Internasional (SI) adalah Kelvin (K), tetapi secara umum menggunakan satuan Celcius (oC) dalam pengukuran suhu sehari-hari.
Macam-macam Termometer
a.    Berdasarkan sifat termometrik benda: termometer zat cair, termometer bimetal, temometer hambatan, termokopel, termometer gas, pyrometer.
b.        Berdasarkan hasil tampilan: termometer analog, termometer digital.
c.     Berdasarkan manfaatnya: termometer badan, termometer dinding, termometer maksimum-minimum, termometer batang.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar