2. Pemantulan cahaya Pada cermin Datar


a.    Pembentukan bayangan pada cermin datar
 

Sifat-sifat bayangan pada Cermin datar: 
1.      Maya 
2.    Sama besar dengan bendanya (perbesaran = 1) 
3.    Tegak dan menghadap berlawanan arah (terbalik) terhadap bendanya 
4.    Jarak benda ke cermin = jarak bayangan ke cermin 
Jumlah bayangan benda yang terletak antara 2 cermin datar, yang dipasang saling berhadapan dan membentuk sudut  , maka jumlah bayangan yang terlihat dirumuskan sebagai berikut:
 
 




Tinggi minimum cermin datar agar saat bercermin seluruh bayangan tubuh tampak didalam cermin 
Bila seorang anak yang tingginya 150 cm ingin melihat bayangannya pada cermin datar, haruskah cermin itu mempunyai tinggi yang sama dengan anak itu?

Gambar Panjang minimum cermin yang diperlukan agar bayangan anak tampak seluruhnya dari ujung kaki sampai ujung rambut didalam cermin adalah  dimana  sebagai tinggi badan anak tersebut 
Bila  d = jarak mata ke ujung rambut (m),  L = tinggi minimal cermin datar yang diperlukan  (m),  h = tinggi orang dari ujung kaki sampai ujung rambut (m), maka diperoleh hubungan  bahwa  L = ½ h. Jadi, agar dapat melihat tinggi seluruh bayangan benda pada sebuah cermin datar maka tinggi cermin itu haruslah sama dengan setengah tinggi badan. Sedangkan pemasangan bagian bawah cermin haruslah ½ jarak ujung jari kaki ke mata. 
Bagaimana dengan jarak orang ke cermin datar, apakah berpengaruh  dalam pembentukan bayangan? Jawabnya tidak. Perubahan jarak badan dari cermin datar, hanya merubah besar sudut datang (i). Akan tetapi karena sudut pantul (r) selalu sama dengan sudut datang (i), maka besar sudut-sudut pantul akan berubah sesuai dengan perubahan besar sudut-sudut datang sehingga tidak merubah bayangan yang terbentuk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar