8 Cara Alami Cegah Munculnya Keriput di Wajah

Vemale.com - Keriput di wajah memang bisa bikin penampilan kurang sempurna. Ketika usia bertambah, mau tak mau kulit kita pun juga akan mengalami penuaan yang ditandai, salah satunya, dengan munculnya kerutan di wajah. Tapi, tahukah Anda bahwa kerutan dan keriput di wajah itu muncul bukan hanya karena faktor usia saja? Ternyata ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu munculnya keriput di wajah seperti sinar matahari dan konsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah, agar keriput dan kerutan di wajah itu bisa dicegah, sebaiknya Anda mulai mengikuti delapan tips yang dilansir dari thehealthsite.com berikut ini. Sebelum terlambat, lakukan tindakan pencegahan kerutan keriput wajah mulai sekarang juga.
  • Lindungi dari Terpaan Sinar Matahari Berlebih

    20 atau 30 menit sebelum keluar rumah, gunakan tabir surya terlebih dahulu. Dan selalu ingat untuk mengoleskan tabir surya lagi selama beberapa menit sekali. Sinar matahari yang terik diyakini sebagai penyebab keriput wajah nomor satu. Jadi jika Anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, selalu gunakan tabir surya dan jangan terlalu lama terkena terpaan sinar matahari.
  • Minum Air Putih Cukup

    Agar selalu kenyal dan elastis, kulit kita butuh air yang cukup setiap saat. Selalu upayakan untuk minum air putih cukup setiap harinya agar tubuh Anda tak kekurangan cairan dan kulit tak gampang keriput.
  • Jangan Merokok

    Merokok bisa menjadi penyebab penuaan dini karena bisa mengurangi aliran darah dan kandungan gizi ke kulit. Jadi jangan merokok bila Anda ingin agar elastisitas dan kelembaban kulit Anda tetap terjaga.
  • Tidur yang Cukup

    Apabila tidur Anda tidak cukup, tubuh Anda akan memproduksi kortisol berlebih--hormon yang bisa memecah sel-sel kulit. Dengan istirahat dan tidur yang cukup, tubuh Anda akan memproduksi human growth hormone (HGH) yang bisa membuat kulit tetap kenyal, lebih elastis, dan tidak mudah keriput.
  • Tidur Berbaring

    Untuk mencegah terbentuknya keriput di kulit wajah, maka tidurlah dengan cara berbaring. Tidur menyamping dan pipi yang menempel atau tertekan di bantal bisa menciptakan kerutan atau 'retakan' di kulit wajah Anda.
  • Konsumsi Makanan Sehat

    Makanan apa saja yang bisa membantu mencegah munculnya keriput atau kerutan di wajah? Sayur dan buah segar serta kacang dan biji-bijian adalah makanan yang memiliki kandungan anti penuaan dini karena kandungan anti oksidan yang dimilikinya.
  • Jangan Terlalu Stres

    Stres bisa memunculkan terbentuknya sejumlah hormon seperti kortisol yang dapat mengurangi jaringan otot di bawah kulit. Dan akibatnya adalah kulit bisa lebih tipis dan terlihat keriput dan tua.
  • Gunakan Pelembab

    Kulit yang lembab akan selalu terlihat lebih baik. Dengan selalu menggunakan pelembab, garis-garis dan retakan kulit tak akan terlalu kentara.
Terlalu sering membasuh wajah bisa membuat perlindungan alami kulit jadi terganggu. Bahkan air keran bisa menghilangkan minyak pelindung alami kulit yang sebenarnya berfungsi untuk mencegah munculnya keriput wajah.

Sebelum menggunakan produk-produk kecantikan yang disinyalir bisa mencegah penuaan dini, akan lebih baik untuk berkonsultasi dahulu dengan ahli kulit atau dermatologis. Lakukan perawatan secara teratur dan konsumsi makanan sehat, dengan begitu Anda bisa mencegah munculnya keriput dan kerutan wajah berlebih. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar