Pemimpin Sejati


 
Ketika mendengar berita tentang terjebaknya pekerja tambang di Chille baru saja, saya takjub luar biasa. Sebuah peristiwa yang mendebarkan, mengharukan, tapi juga memberikan sebuah inspirasi luar biasa bagi kita. Mengapa? Karena peristiwa telah mempertontonkan karakter kepemimpinan yang luar biasa dari seorang manusia.
Sebagaimana diberitakan, pekerja tambang yang terjebak di sebuah kompleks pertambangan di Chile berjumlah 33 orang sejak 5 Agustus 2010. Para pekerja tambang tersebut baru dapat di evakuasi seluruhnya pada rabu tengah malam tanggal 13 Oktober 2010. Dengan sangat apik salah satu portal berita mengangkat judul “Pemimpin Ini Diselamatkan Paling Akhir” untuk menggambarkan akhir dari proses evakuasi pekerja tambang. Siapakah si “Pemimpin Ini”? Dia adalah Luis Alberto Urzua, pekerja tambang yang diselamatkan paling akhir.
Mengapa ia diselamatkan paling akhir? Bagi saya jawabnya sederhana tapi luar biasa, karena ia seorang pemimpin sejati. Karena hanya pribadi yang memiliki karakter kepemimpinan sejati yang mampu melakukan hal ini, mendahulukan kepentingan anggota/tim dibandingkan kepentingan pribadi, bahkan dalam peristiwa ini Luis mampu mengambil risiko kehilangan nyawa terkubur di dalam tanah jikalau ternyata terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam proses evakuasi. Bagi Luis keberadaan ‘kita’ lebih penting dibandingkan keberadaan ‘saya’. Oleh karena itu keselamatan anggota/tim menjadi prioritas yang utama baginya, walaupun jika ditelaah secara manusiawi pasti ada perasaan takut dalam diri Luis, takut tidak dapat lagi bertemu dengan istri dan anaknya, takut kehilangan nyawa, namun ia telah mampu memanaje dan menaklukkan perasaan takut tersebut.
Semoga peristiwa ini mampu menginspirasi kita. Inspirasi tentang kepemimpinan yang bertanggung jawab terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Karena setiap pribadi adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpinnya, apa pun itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar