Pempek Kapal Selam



Resep diadaptasikan dari buku Seri Makanan Favorit - Pempek Kapal Selam, oleh Sisca Susanto

Untuk sekitar 8 buah pempek

Bahan adonan pempek:
- 400 gram daging ikan tengiri atau ikan berdaging putih yang masih segar
- 200 ml air es
- 1/2 sendok makan garam
- 3 butir bawang putih
- 300 gram tepung sagu

Bahan kuah cuko:
- 5 butir cabai merah keriting, haluskan
- 4 butir cabai rawit, haluskan
- 4 butir bawang putih, haluskan
- 500 ml air
- 150 gram gula merah, sisir
- 50 gram gula pasir
- 25 gram garam
- 4 sendok makan kecap asin
- 100 ml air asam jawa dari 2 sendok makan buah asam atau 4 sendok makan cuka
- 2 sendok makan ebi, sangrai hingga matang dan haluskan

Cara membuat pempek:


Masukkan daging ikan tengiri, bawang putih, garam, dan air es ke dalam blender atau food processor. Proses hingga halus. Tuangkan ke mangkuk, tambahkan tepung sagu, aduk dan uleni hingga kalis. Jika masih lengket tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu. Terus uleni hingga adonan tidak lengket di tangan.


Bagi adonan menjadi beberapa bagian, masing-masing bagian beratnya kira-kira 100 gram. Bentuk bulat dengan menggelindingkannya di telapak tangan anda. Buat cekungan di tengah-tengah adonan, tekan-tekan dengan ujung-ujung jari hingga membentuk satu kantung yang memanjang. Tekan bagian dinding kantung agar padat dan kantung semakin membesar. Sebaiknya buatlah kantung yang memanjang dan bukan melebar. Karena semakin lebar kantung maka akan semakin panjang bagian tepi adonan yang terbuka. Pempek yang saya buat masih terlalu lebar sehingga membentuk pastel panjang.

Pecahkan telur di mangkuk kecil, carilah telur dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tuangkan telur ke dalam mangkuk adonan, kemudian rapatkan ujung kantung yang terbuka hingga benar-benar rapat.



Rebus air di panci hingga mendidih, masukkan pempek ke dalam air dan rebus hingga pempek mengapung di permukaan air. Angkat menggunakan saringan kawat dan tiriskan. Lakukan hingga semua bahan habis. 


Goreng pempek dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, sisihkan.

Membuat saus cuko:


Siapkan panci kecil, masukkan semua bahan saus ke dalam panci, rebus hingga mendidih. Cicipi rasanya, harus asam, manis, pedas dan sedikit asin. Angkat dan saring.

Menyajikan pempek:


Potong-potong pempek yang telah digoreng, tata diatas piring saji, taburi dengan ketimun yang diiris dadu dan siram dengan kuah cuko. Pempek siap disajikan. Mantap!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar