PEKEMBANGAN AL-QURAN DI ERA TEKNOLOGI


Pada masa Rasulullah  setiap wahyu  yang turun ditulis di pelepah kurma, kulit binatang , kulit kayu ataupun  media penulisan lainya. Kemudian pada masa khalifah Umar Bin Khatab, ayat-ayat Al-Quran yang tertulis diberbagai tempat tersebut dikumpulkan dan ditulis kedalam sebuah buku. Seiring berkembangya waktu, media penyimpanan Al-Quran semakin berkembang dan sekarang kita bisa membaca Al-Quran dikomputer bahkan melalui selular kita, melalui software Al-Quran digital. 
 
1.     Pengertian, manfaat dan kegunaan  al-quran digital
Al-Quran digital merupakan salah satu produk/tekhnologi terkini dalam hal pemanduan konsep tekhnologi & religi. Al-quran digital dianggap menjadi sebuah jalan baru, bagi perkembangan konsep dakwah  agama islam.Dan keberadaan Al-quran digital merupakan perwujudan dari konsep Al-quran yang selama ini hanya tersedia dalam bentuk cetakan buku. Salah satu hal penting yang menjadi keunggulan Al-quran digital, meski mamiliki bentuk yang berbeda namun kandungan isinya tidak berubah sedikit pun , sehingga tidak perlu ada kekhawatiran dari manusia yang ingin mendengarkan & mengkaji makna Al-quran melalui fasilitas digital tersebut. Media yang digunakan untuk fasilitas Al-quran itu pun bermacam-macam: dlm bentuk software , dikemas melalui  keping cakram & bahkan ada pula perusahaan yang membuat sebuah piranti seperti flashdisk yang khusus memutar lantunan ayat suci Al-quran beserta tafsirannya.
         
Beberapa manfaat Al-Quran digital
1.     Memudahkan kita untuk bisa menyimak lantunan ayat suci Al-quran dimana saja. Baik itu saat dalam perjalanan jauh melalui perangkat komputer bahkan melalui seluler anda.
2.     Lebih praktis  dalam hal penyimpanan, karena tidak membutuhkan tempat khusus.
3.     Mudah dibawa kemana saja/dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan tempat khusus.
4.     Lebih aman akan terhindar dari resiko rusak seperti sobek/ terkena kotoran sebagaimana jika kita menyimpan Al-quran dalam bentuk buku.
5.     Dengan bantuan tekhnologi Al-quran digital ini akan memudahkan manusia untuk semakin mengenal & mndekatkan pada kitab suci umat islam tersebut.
Dan juga banyak manfaat dalam sekeping CD Al-Quran digital diantaranya:
1.     Tulisan Arab dan terjemah bisa dicopy ke Microsoft Word, memudahkan Anda yang sedang menulis buku, tesis, desertasi, skripsi, makalah, majalah, bulletin. Anda hanya tinggal copy paste saja.
2.     Terjemah dua bahasa : Indonesia dan Inggris. Bagi Anda yang sedang menterjemah buku atau naskah dari Indonesia ke Inggris atau sebaliknya, Fasilitas ini akan sangat membantu penterjemahan ayat.
3.     Suara tartil. Suara bacaan Alquran Tartil bersama dengan tampilnya tulisan Arab plus terjemah ayat yang sedang dibaca. Anda yang baru belajar membaca seakan Anda diberi contoh membacanya dengan benar. Anda yang ingin menghayati makna Al Quran Anda bisa membaca artinya sambil mendengar ayatnya dibaca.
Bacaan bisa diatur secara kontinyu persurat. Surat apa yang Anda ingin dengarkan. Atau satu Al Quran penuh. Sehingga Anda yang sedang beraktifitas bisa sambil mendengarkan AlQuran. Jika Handphone Anda berfasilitas MP3, Anda bisa copy MP3 pada CD ke HP Anda.
4.     Sistem Cepat Pencarian Ayat seperti dalam kitab Fathur Rohman.Kitab tersebut pada masanya menjadi senjata bagi siapa saja yang ingin mencari ayat dalam Al Quran. Saat ini, dengan AL QURAN DIGITAL Anda dimudahkan mencari ayat dengan cepat.
5.     Ada 3 pilihan bahasa Arab, Indonesia dan Inggris. Tulis Musa, Anda akan ditunjukkan di ayat berapa saja Musa disebut dalam Al –Quran.
2.     Manfaat dan keunggulan Al-Quran digital
  • Membantu Anda memahami arti Al-Quran walaupun belum pernah belajar bahasa Arab.
  • Mempermudah Anda dalam menghafal Al-Quran.
Audio murottal, visual teks Al Quran dan Terjemahan Perkata yang dimainkan dalam satu waktu menjadikan penggunanya mudah untuk mempelajari dan menghafalkan ayat-ayat Al Quran.
  • Memperbagus cara baca Al Quran Anda sesuai kaidah tajwid
  • Membantu agar bacaan Al Quran Anda terdengar lebih indah
  • Membuat sholat Anda menjadi lebih khusyu’
Dengan mendengar dan meniru murottal Al Quran dari para qari pilihan terbaik di dunia, Anda sangat mungkin untuk menyamai kualitas dalam tajwid dan teknik membaca Al Quran bahkan lebih. Bisa dipastikan, ketika sholat Anda menjadi lebih khusyu’ karena Anda mengerti ayat-ayat Al Quran yang Anda baca.
  • Meningkatkan kecintaan Anda terhadap Al Quran, Karena Cinta Adalah Memahami.
Sebagai bukti bahwa Anda Cinta Al Quran adalah Anda Memahami Al Quran. InsyaAllah dengan QURVID, Anda mampu membuktikannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar